RumahCom – Industri properti sempat melemah beberapa tahun belakangan ini. Banyak analisis mengatakan belum adanya tanda-tanda kebangkitan. Kabar baiknya menurut knowledge dan riset, justru industri properti mulai mengalami kenaikan sejak akhir tahu lalu hingga awal tahun ini.  
Jakarta (five/Three). Industri properti belum juga menunjukan tanda-tanda adanya peningkatan sejak sektor ini melemah pada periode tahun 2013-2014 lalu. Banyak analisis yang telah dipaparkan untuk menjelaskan kenapa sektor padat modal ini belum juga bangkit mulai dari pergeseran konsumen investor ke pengguna (finish consumer), tidak pasnya (mismatch) segmen harga dengan daya beli, regulasi yang dikeluarkan pemerintah, dan sebagainya.
Namun bila melihat knowledge, sesungguhnya sektor properti telah mengalami kenaikan sejak akhir tahun lalu hingga periode awal tahun ini. Menurut Arief Rahardjo, Director Strategic Consulting Cushman & Wakefield, sebuah perusahaan riset, konsultan, dan manajemen properti, beberapa indikator menunjukan kalau sektor properti terus mengalami peningkatan dan diprediksi akan terus berlanjut pada periode tahun 2020.
“Jadi titik terendah untuk sektor properti di hampir semua sektor itu rata-rata pada tahun 2018 karena masuk tahun 2019 semuanya sudah terlihat membaik. Indikator peningkatan bisa dilihat dari sisi penyerapan produk properti maupun keterhunian (okupansi) baik dari sektor hunian, perkantoran, hotel, gudang, hingga ritel,” ujarnya.
Salah satu contohnya di sektor perkantoran yang sejak Three-Four tahun lalu pasar dibanjiri oleh suplai ruang perkantoran mencapai 300 ribu-500 ribu meter persegi. Pada tahun 2019 penyerapan ruang untuk perkantoran ini sudah lebih baik dengan tingkat keterisian mencapai 75 persen untuk wilayah Jakarta. Diprediksi, sektor perkantoran akan terus membaik dengan puncaknya (okupansi di atas 90 persen) pada tahun 2023.
Simak selengkapnya: Panduan Memilih Lokasi Rumah Bagi Pemula
Sektor ritel baik pusat perbelanjaan maupun mal, sejak tahun 2018 lini meals and beverage (F&B) telah menjadi new style sehingga banyak mal yang melakukan konsep ulang isi malnya menjadi lebih menarik untuk menyesuaikan dengan tren dan keinginan pasar. Banyak juga mal-mal kecil bermunculan dengan tema khusus yang menjadi ikon destinasi baru yang sangat digemari khususnya oleh pasar lokal.
Kawasan industri juga mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik pada tahun 2019 lalu dengan realisasi penjualan lahan industri mencapai lebih dari 320 hektare atau yang tertinggi sejak tahun 2015 lalu. Sejak sektor properti melemah, rata-rata sumbangan dari lahan industri hanya memasok 100 hektare in step with tahunnya.
Sementara itu sektor hunian baik apartemen maupun rumah tapak (landed area) kinerjanya juga sudah lebih baik. Dari 300 ribu unit apartemen yang dipasarkan di wilayah Jabodetabek ditambah suplai sebanyak 188.307 unit hingga tiga tahun ke depan, penyerapannya sudah lebih baik pada tahun 2019 lalu dan terus berlanjut hingga periode awal tahun 2020 ini.
Rumah tapak yang dipantau dari 40 pengembangan perumahan berskala kota (township) di wilayah Jabodetabek, secara umum kinerja penjualannya yang terbaik dibanding semua sektor khususnya untuk kisaran harga di bawah Rp1,five miliar.
Di sisi lain, kalangan pengembang menjadi lebih inovatif dan kreatif mengemas produk yang paling dibutuhkan oleh pasar diiringi dengan cara-cara pembayaran yang meringankan seperti cicil uang muka, tunai bertahap panjang, hingga pembebasan berbagai biaya sehingga lebih meringankan konsumen. Tingkat penyerapan untuk sektor rumah tapak mencapai di atas 90 persen.
“Kalau pemerintah bisa mengeluarkan regulasi yang lebih oke, sektor properti akan lebih meningkat dengan lebih baik. Misalnya kemudahan batasan plafon kredit atau loan to value (LTV) sebesar 5 persen itu sangat baik untuk menggairahkan sektor ini. Hal lainnya lagi tenor kredit harusnya bisa ditarik lebih panjang mencapai 30 tahun sehingga cicilannya bisa lebih ringan dan ini sangat menarik untuk kalangan first time home buyer,” jelas  Arief.
Tidak punya DP buat beli rumah? jangan khawatir. Simal video berikut untuk tahu pointers kredit rumah tanpa DP.

 
Temukan lebih banyak lagi panduan dan pointers membeli rumah dalam Panduan dan Referensi. 
Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 


Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menegaskan bahwa Indonesia akan tetap mendukung apapun keputusan tuan rumah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait penyelenggaraan Olimpiade 2020 Tokyo.Seperti diketahui, kejelasan penyelenggaraan ajang olahraga empat tahunan itu hingga kini masih dipertanyakan di tengah meluasnya dampak virus corona atau Covid-19.”Sikap kita dari kemarin pada saat video conference, kita bilang bahwa kita mendukung setiap keputusan dari IOC, karena kita percaya IOC pasti mengedepankan keselamatan para atlet,” kata pria yang karib disapa Okto itu saat dihubungi Antara dari Jakarta, Senin (23/three/2020).Okto mengatakan pihaknya tidak ingin banyak berspekulasi maupun bersikap seperti negara lain yang menyerukan agar pesta olahraga empat tahunan itu ditunda. Indonesia, harus menunjukkan dukungannya demi memuluskan langkah menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.”Iya (mendukung) karena kita punya kepentingan (lolos bidding tuan rumah Olimpiade 2032) dan kita tidak akan mempengaruhi apa-apa karena Jepang itu bagaimanapun harus kita dukung,” ucapnya.Apapun keputusannya nanti, lanjut Okto, Indonesia hingga kini masih terus bersiap menuju Olimpiade 2020. Kekhawatiran virus corona tak lantas membuat pelatnas terhenti.Sebagai respons terhadap seruan penundaan yang semakin kencang, IOC dan panitia penyelenggara Tokyo 2020 yang awalnya bersikeras bahwa Olimpiade 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal, kini sepakat untuk mulai membicarakan skenario alternatif, termasuk skenario penundaan.”IOC berkoordinasi penuh dengan panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo, pemerintah Jepang serta pemerintah wilayah Metropolitan Tokyo, memulai pembicaraan dengan peninjauan menyeluruh atas perkembangan situasi kesehatan di dunia, dampaknya terhadap Olimpiade Tokyo, termasuk skenario penundaan,” demikian penyataan resmi IOC.Pembicaraan tersebut diperkirakan akan membuahkan hasil dalam kurun waktu empat pekan.



1Br CondoTel SMDC Light | Unit 4616 Tower 2, SMDC Light Apartments, EDSA nook Madison Boulevard, Mandaluyong Town, 4110 Manila, Philippines
☞ AZ Channel:
© Reserving: reserving.com/resort/ph/sm-light-residences-mandaluyong.html

supply

BPD Hipmi Jaya juga menunda semua acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Musyawarah Daerah (Musda) XVII Hipmi Jaya yang sedianya digelar pada 15 April 2020 di Jakarta ditunda untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru (Covid-19). Salah satu time table besar Musda adalah pemilihan Ketua Umum Hipmi Jaya masa bakti 2020-2023.Ketua Guidance Committee (Panitia Pengarah) Musda XVII Hipmi Jaya, Lexyndo Hakim, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan pengarahan dari Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum BPD Hipmi Jaya untuk menunda Musda. Penundaan Musda untuk menyikapi perkembangan kasus penyebaran Covid-19 di Tanah Air. “Hal ini merupakan kondisi force majeur yang ada di luar kuasa kami selaku penyelenggara kegiatan,” ujar Lexy. Dilihat dari tahapan Musda, Lexy mengatakan, ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana. Antara lain kuliah-kuliah umum, debat calon ketua umum, dan puncaknya pelaksanaan Musda. Sebelumnya, panitia pengarah telah membuka pendaftaran cakal calon ketua umum Hipmi Jaya pada 23 Januari-23 Februari 2020. Panitia juga telah verifikasi dan klarifikasi terhadap dokumen pendataran bakal calon ketua umum, penetapkan bakal calon ketua umum menjadi calon ketua umum.Panitia juga sudah menggelar tahapan presentasi pokok-pokok pikiran kepada tim nominasi dan guidance committe, pengambilan nomor urut, penandatanganan pakta integritas dan penyampaian visi misi caketum di depan anggota, dan tahap kampanye sampai menjelang Musda. Ketiga calon ketua umum yang akan bertarung adalah nomor urut satu  Andi Indra Hardiansyah Rukman, nomor urut dua Noor Sona Maesana Mushonnif, dan nomor urut tiga Muhamad Alipudin.Ketua Umum Hipmi Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla mengatakan BPD Hipmi Jaya mengeluarkan surat instruksi organisasi. Diantaranya adalah BPD Hipmi Jaya menunda semua acara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat atau yang akan diadakan beberapa waktu ke depan termasuk musda.”BPD Hipmi Jaya menghimbau ke seluruh anggota untuk selalu menjaga kesehatan dan mentaati hal-hal yang sudah diatur oleh pemerintah,” ujar pengusaha muda yang akrab disapa Afie ini.Penundaan, ujar Afie, merupakan keputusan yang sangat berat karena calon ketua umum telah mempersiapkan diri sejak jauh hari baik itu tim materi kampanye dan lain-lainnya. “Saya pernah mengalami sendiri ketika maju menjadi calon ketua umum Hipmi Jaya masa bakti 2017-2020,” kata dia.Menurut Afie, musda ditunda sampai waktu yang belum ditentukan menunggu perkembangan terbaru penyebaran Covid-19. “Ini untuk kepentingan, keselamatan dan mendukung apa yang telah dicanangkan pemerintah pusat dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19,” ujar dia menegaskan.

Startup milik pengusaha kelas dunia Justin Kan, Atrium, tutup in step with Rabu (four/three/2020). Dampaknya, startup itu memecat seluruh karyawannya.Kabarnya, Atrium gagal menghadirkan produk teknologi yang mampu meningkatkan efisiensi firma hukum tradisional.”Saya benar-benar berterima kasih kepada pelanggan dan anggota tim yang berjuang bersama saya, serta kepada investor. Ini bukan akhir yang kami inginkan, tetapi kami berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung kami,” kata Kan, dilansir dari TechCrunch.

Atrium memiliki general 100 karyawan, di mana semuanya akan kehilangan pekerjaan. Tak cuma itu, perusahaan juga akan mengembalikan US$75,five juta dari pendanaannya kepada investor, termasuk ke Firma Hukum Andreessen Horowitz.

Kan menambahkan, “kami memutuskan menghentikan operasional startup, akan ada sejumlah modal yang dikembalikan ke investor setelahnya.”Sebelumnya, Atrium telah memecat pengacara-pengacara untuk menjadi startup perangkat lunak dengan margin yang lebih baik. Namun, mereka kesulitan mendapatkan momentum di pasar sehingga keadaan menjadi kacau. Divisi lain juga terkena PHK diam-diam saat pengacara-pengacara dipecat.

Lihat artikel asli



You’ll be able to be informed a lot more about how I’ve created over $eight,000 a month in passive source of revenue with my leases from my best-selling guide Construct a Rental Belongings Empire. It is to be had as a paperback, audiobook, and eBook right here.

Additional information on rental properties right here:

On this webinar I spend smartly over an hour discussing how to invest in leases the proper way. How to finance them, to find them and set up them. Making an investment in leases can take effort and time, however boy is it value it.

From my 16 leases I’ve about $nine,000 a month in source of revenue coming is and feature greater my internet value over a million greenbacks. You can’t purchase any rental assets, you’ve to purchase the proper leases, beneath marketplace worth.

ensure that to join my electronic mail listing right here get your loose 50 web page eBook on actual property making an investment:

supply

Princess Theatre: eight Annerley Street Woolloongabba has been indexed for expressions of pastime.
For those who’ve all the time sought after to be royal, it is advisable to personal a title dating back to 1888 even though it won’t be somewhat what you are expecting.
The beautiful 130-plus-year-old Princess Theatre within the middle of the Queensland capital is available on the market.

MORE: Brisbane, Gold Coast amongst global’s very best luxurious towns

Land values jumped through up to 20 in keeping with cent in Brisbane suburbs

Patrons making money provides to forestall homes going to public sale

The heritage indexed development in Woolloongabba has brokers on the lookout for expressions of pastime within the 500-person theatre.
The house owners, the Lifecity Church, has been used the distance for services and products each Sunday within the surprising development. On different days, it nonetheless exists as a theatre, hosted weddings, performances and model presentations – surprising guests with its acoustics over time.

The Princess Theatre has hosted many banquets.
A crowd pleaser.

A Fb submit through the Lifecity Church showed the valuables was once now available on the market.
“It’s official! The Princess is on the market. We believe that God has a great future for Lifecity and that His plans and purposes are before us. Let’s all be praying for a great result and let’s stay connected as we move forward together as a community. It’s exciting,” the February 21 submit mentioned.

This is an ideal ceiling.
Within the limelight.
The valuables at eight Annerley Street, Woolloongabba, covers a land house of one,103squarem and flooring house of one,000squarem, and is zoned for blended use.
Brokers Christian Sandstrom and Adam Willmore of Knight Frank Brisbane are advertising and marketing it as a possibility to “own a piece of Brisbane’s history”.
“This historic building was originally constructed in 1888 and has been home to a variety of theatre companies and other tenants over the years,” was once the way it was once described.

“The property is currently owner-operated as a venue hire business catering to a variety of theatre productions, live music, wedding receptions and corporate functions. Additionally, the property has two retail tenants and one commercial tenant.”
Shut to the Mater Clinic, strolling distance to Southbank, the Mater Hill Busway Station and the longer term Pass River Rail Station at Woolloongabba.

FOLLOW SOPHIE FOSTER ON TWITTER

Chat with us!
For Professional Consultants
Don't Hesitate to Chat with us!
error: Alert: Content is protected !!