VIVA – Para pelanggan listrik 900 VA, yang jumlahnya mencapai 24,4 juta, Anda perlu bersiap-siap membayar listrik lebih mahal. Pasalnya, pada tahun depan, pemerintah akan menghapus subsidi bagi semua pelanggan 900 VA.Hal tersebut telah disepakati dalam rapat kerja antara pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Selasa, 3 September 2019. Direktur Pengadaan Strategis II PLN Djoko Raharjo Abumanan bilang, alasan pencabutan tersebut supaya subsidi yang diberikan lebih tepat sasaran.”Subsidi harus terarah, tepat sasaran,” kata dia di Jakarta, Rabu, 4 September 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Pemerintah selama ini masih memberikan subsidi kepada pelanggan 900 VA kategori miskin dan 450 VA. Sedangkan pelanggan 900 VA Rumah Tangga Mampu sudah tidak mendapatkan subsidi lagi. Nah, berdasarkan keputusan dengan wakil rakyat kemarin, semua pelanggan listrik 900 VA akan dicabut subsidinya pada tahun 2020 mendatang.”Keputusan di Senayan, semua 900 VA dicabut. Semua pelanggan 900 VA baik yang mampu dan tidak mampu, kalau dia pelanggan 900 VA, dicabut (subsisdinya),” ujarnya.Diperkirakan jumlah pelanggan 900 VA pada Januari 2020 mencapai 27 juta pelanggan dan mereka semua bakal tak mendapat subsidi lagi dari pemerintah. Menurut dia, pelanggan listrik 900 VA pasti mampu membayar tanpa diberi subsidi.

Sementara itu, mengingatkan pada tahun depan skema penyesuaian tarif sudah diterapkan, maka bagi para pelanggan listrik 900 VA yang akan meningkatkan daya listriknya menjadi 1300 VA dipersilakan.”Kalau mau minta naik (jadi 1300 VA) bolehkan saja, terserah pelanggan. Kalau kemarin kan keputusan politik, semua (subsidi) 900 VA dicabut, masuk ke tarif adjustment,” ucap Djoko.Baca juga:

Ada 2 Tersangka Kecelakaan Cipularang, Salah Satunya Bebas Hukuman

Chat with us!
For Professional Consultants
Don't Hesitate to Chat with us!
error: Alert: Content is protected !!