Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melakukan pengecekan stok sayur dan buah di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur. Demi lebih menyejahterakan para petani, dia berharap Menteri Pertanian Amran Sulaiman dapat membuatkan lumbung penyimpanan khusus untuk hasil pertanian di daerah, yaitu Controlled Atmosphere Storage (CAS).

Djarot menyampaikan, CAS merupakan alat khusus yang digunakan untuk membuat hasil panen lebih awet disimpan dalam kurun waktu tertentu. “Supaya apa? Kalau harga jatuh, pemerintah bisa ambil sesuai harga acuan,” tutur Djarot di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (17/6/2017).

Tentunya, CAS dapat menjadi salah satu solusi dari upaya menjaga harga bahan pokok tetap stabil. Dengan begitu, petani dapat lebih diuntungkan dan tidak beralih ke produksi pangan alternatif. “Supaya petani mau tanam lagi. Makanya saya dorong tadi ke Pak Mentan untuk adakan alat ini ke daerah produsen,” jelas dia.

Untuk daerah distributor seperti Jakarta, CAS juga menjadi perlu. Sebab itu, Djarot mengaku telah memulai menyebarkan perangkat itu ke sejumlah pasar di Ibu Kota. Selain untuk pasokan pangan, ongkos distribusi pun menjadi lebih hemat. “Kalau saya langsung ambil dari Sumut, ongkos mahal,” kata dia.

“Kita harus melindungi petani cabai, sayuran. Harga rendah, kita harus lindungi petani. Kami akan bangun betul. Setiap pasar yang besar kita akan bangun juga. Kami kerjasama untuk Jawa Tengah, Bangka Barat, Lampung, NTB, untuk bersinergi,” Djarot menandaskan.

Untuk diketahui, dikutip dari laman Jakarta Smart City, cara kerja CAS adalah dengan menjaga komposisi kadar karbon dioksida dan oksigen agar stabil dalam jumlah tertentu di dalam ruang penyimpanan, sehingga memperlambat pematangan dan penuaan bahan pangan segar.

Komponen lingkungan yang dijaga dalam ruang penyimpanan adalah kelembaban udara, suhu, dan pencahayaan yang sesuai untuk memperpanjang masa simpan.

Mesin penyimpan ini juga didukung dengan sistem konstruksi tempat penyimpanan yang presisi dan dilengkapi dengan panel insulasi, sehingga tidak terpengaruh kondisi luar. 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan