Liputan6.com, Makassar – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa jumlah pemudik pada 2017 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dalam hitungan Kementerian Perhubungan, peningkatan tersebut mencapai 8,5 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Budi Karya saat melakukan kunjungan kerja untuk memantau sarana dan prasarana angkutan Lebaran 2017 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Sabtu (17/6/2017).

“Jumlah pemudik untuk musim Lebaran 2017 itu diperkirakan ada di angka 19 juta pemudik, atau naik sekitar 8,5 persen dari tahun 2016 yang tercatat 18 juta pemudik,” kata Budi Karya dalam pidatonya saat upacara penyambutan di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Budi Karya juga menjelaskan bahwa khusus untuk wilayah Sulawesi Selatan jumlah pemudik dalam musim lebaran 2017 juga mengalami kenaikan yaitu sebesar 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Sedang hasil prediksi pertumbuhan untuk Makassar (Sulawesi Selatan) pada angkutan lebaran 2017 akan mengalami kenaikan sebesar 5 persen dibandingkan tahun 2016,” terangnya.

Untuk diketahui, Menhub Budi Karya meninjau kesiapan tiga kota dalam rangka menyambut pemudik pada Sabtu ini. Peninjauan dilakukan di Balikpapan, Makassar, dan Banyuwangi. Menhub mengecek kesiapan sarana prasarana tiga kota tersebut dalam rangka mudik.

“Turun dari pesawat, Menhub dan rombongan melakukan pemantauan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata.

Setelah memantau Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Balikpapan, Menteri Perhubungan kemudian mengecek kesiapan angkutan Lebaran di Pelabuhan Balikpapan. “Setelah Bandara, Menhub dan rombongan menuju ke Pelabuhan Balikpapan untuk meninjau Kapal Pelni KM Labobar tujuan Balikpapan-Surabaya,” jelas Barata.

Kota selanjutnya yang dikunjungi Menhub Budi Karya adalah Makassar. Sesuai dengan rencana, Menhub dijadwalkan tiba di Makassar siang ini sekitar pukul 13.45 Wita. “Rencana siang ini langsung lanjut ke Kota Makassar, Menhub akan meninjau Posko Angkutan Lebaran Tahun 2017 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar,” beber Barata.

Kota terakhir yang akan dikunjungi Menhub hari ini adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Menurut Barata, Menhub dan rombongan akan meninjau bandara, pelabuhan dan stasiun kereta api di Banyuwangi.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan