Ilustrasi – Makeupandbeauty

Bisnis.com Perkara memilih sabun muka kadang bisa membuat bingung para wanita. Bagaimana tidak, jika Anda salah memilih sabun muka, bisa jadi kulit wajah malah menjadi kusam, bahkan berjerawat.

Dokter spesialis kulit Melyawati Hermawan menjelaskan bahwa membersihkan wajah penting karena mencuci muka adalah kegiatan pembuka hari. Selain itu, sel kulit muka jauh lebih kecil dan tipis, maka diperlukan perawatan yang berbeda.

“Untuk bisa membersihkan minyak, kotoran, dan mekap, biasanya sabun butuh sulfactant yang menyelip lewat air. Namun, sulfactant yang berlebihan akan merusak komponen protein dan lipid sehingga tergerus sampai ke minyak alami ikut hilang,” katanya, Jumat (16/6/2017).

Berikut adalah kiat untuk memilih sabun pembersih muka yang baik bagi wanita yang disampaikan oleh Mely.

Pertama, pilih sabun yang sesuai dengan jenis muka. Pilihlah bentuk busa yang lembut karena yang bekerja membersihkan muka adalah busanya.

Kedua, perhatikan masalah jerawat. Untuk kulit berjerawat pilihlah jenis sabun anti jerawat. Namun, perhatikan kadar surfactant yang terkandung dalam sabun. Pembersih yang baik adalah sabun yang mengandung surfactant yang minim sehingga tidak merusak jaringan protein dan lipid di dalam kulit.

Ketiga, pilih sabun yang menambahkan agen lain yang menutrisi kulit wajah yang mampu meningkatkan kadar hidrasi kulit.

Keempat, perhatikan kandungan moisturizer yang lebih larut dengan air, misalnya gliserin.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan