Liputan6.com, Jakarta – Cicilan bisa jadi sangat bermanfaat untuk pembelian besar seperti rumah atau pendidikan. Menabung untuk dua hal ini mungkin sulit bagi banyak orang karena harganya yang semakin mahal.

Rumah dan pendidikan merupakan investasi masa depan. Sayangnya fasilitas cicilan sering kali malah dipakai untuk membeli barang konsumtif.

Berikut lima hal yang sebaiknya tidak dibeli dengan cara mencicil seperti CekAja.com:

1. Liburan

Traveling atau liburan telah menjadi gaya hidup. Jika dulu traveling ke luar negeri dianggap mahal, sekarang sudah banyak cara lebih murah. Tapi bukan berarti kita jadi memaksakan diri liburan demi menambah foto di Instagram, padahal kondisi dompet sedang pas-pasan.

Kita tidak seharusnya terjebak utang untuk alasan bersenang-senang. Liburan sebenarnya merupakan kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

Kalau belum punya uang, maka kita harus menabung bukannya mencicil. Liburan akan semakin menyenangkan kalau kita tidak terbebani tumpukan utang setelah pulang nanti.

2. Pernikahan

Di Indonesia, pesta pernikahan dengan mengundang ratusan orang sudah menjadi budaya. Sudah pasti biaya yang dikeluarkan sangat besar bahkan mencapai ratusan juta. Sering kali pesta yang habis-habisan itu meninggalkan utang, bahkan harus sampai rela menggadai cincin nikah.

Pernikahan memang penting. Tapi bukan berarti kita harus rela terlilit utang untuk menjamu orang yang tidak dikenal. Kehidupan yang sesungguhnya justru dimulai saat pesta usai. Tidak mau kan memulai hidup baru dengan utang?

Tonton video menarik berikut ini:

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan